PBI Gelar Seminar Untuk Motivasi Peneliti Sumber Daya Alam Papua

Lili

Ketua Perhimounan Biologi Indonesia (PBI) Siti Nuramaliati

Jayapura, beritalima.com – Perhimpunan Biologi Indonesia (PBI) menggelar seminar nasional Biologi di Auditorium Universitas Cenderawasih 08-10 September 2015.

Ketua umum Perhimpunan Biologi Indonesia, Siti Nuramaliati dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan seminar bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang potensi keanekaragaman hayati di Papua, dan juga mendorong peneliti-peneliti di Papua bisa menggali Potensi keanekaragaman hayati sehingga selain untuk ilmu pengetahuan juga bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Seminar kali ini diselenggarakan Karna keanekaragaman hayati di Papua melimpah yang selama ini belum dimanfaatkan dengan maksimal, sehingga dengan teknologi mampu meningkatkan nilai tambah, misalnya jika ada satu tumbuhan yang jika dilakukan riset teknologi maka bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bermanfaat, misalkan untuk obat-obatan dan lain sebagainya,” katanya, Rabu (8/9/2015).

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan seminar biologi tersebut, diharapkan bisa memberikan motivasi kepada seluruh peneliti di Papua agar bersemangat untuk menggali potensi yang kekayaan alam di Papua, meskipun di akuinya, perkembangan peneliti biologi di Papua masih sangat lamban, baik dari segi penguasaan teknologinya, maupun peminat ilmu pengetahuan itu sendiri.

“Untuk di Papua memang masih lamban, karena ilmu biologi ini kan butuh ketekukanan dan juga dukungan baik itu fasilitas sarana dan prasarana dan dukungan dari Pemerintah, itu yang sangat penting, untuk ekplorasi saja kan butuh dana, dan itu tenaga – tenaga untuk bisa esplorasi ini kan tidak mudah, harus melaksanakn penelitian di lapangan,” katanya.

Sementara, Rektor Universitas Cenderawasih Dr.Onesimus Saheluka dalam kesempatan yang sama mengapresiasi seminar tersebut. Dikatakan, selama ini ilmu pengetahuan di Bidang Biologi masih minim peminatnya, sedang dilain pihak potensi Papua sangat besar, dan sampai hari ini belum bisa di teliti dengan baik.
“Di tanah Papua keanekaragaman sangat melimpah ,oleh kerena itu, kami dari Uncen berterimakasih atas seminar ini, sehingga dari seminar bisa berkontribusi bagi peserta seminar, dan untuk diaplikasikan untuk menjejaki penelitian di Papua,” katanya.

Seminar Biologi tersebut, selain dari universitas Cenderawasih, juga diikuti oleh beberapa instansi terkait, seperti dari kehutanan, kelautan, dan akademisi.(Edy/Papua).

Sumber : BERITA LIMA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *